Minggu, 28 Oktober 2012

Sistem Basis Data Pertemuan ke-5

Pada Pertemuan ke-5 membahas tentang :

Model Data Relational Lanjut 


 A. Varian Entitas ada 2 jenis yaitu :

1. Entitas kuat merupakan  sebuah himpunan entitas yang dilibatkan dalam ERD dan merupakan himpunan entitas kuat ,tidak memiliki entitas kuat.

2.Entitas lemah yaitu suatu entity yang keberadaannya tergantung dari entity  lain dan tidak memiliki atribute yang berfungsi sebagai key attribute.

Contoh Entitas Kuat dan Lemah :


B. Agregasi
Agregasi yaitu sebuah himpunan relasi yang secara langsung menghubungkan sebuah himpunan entitas dengan sebuah himpunan relasi dalam ERD. Secara kronologi mensyaratkan telah adanya relasi lain. dengan relasi terbentuk tidak hanya dari entitas tapi juga mengandung unsur relasi lain.

Transformasi Model Data Ke Basis Data Fisik

Pada ERD dipresentasikan menjadi sebuah basis data secara fisik dan komponen ERD (himpunan entitas dan relasi) ditransformasikan menjadi tabel yang merupakan komponen utama pembentuk basis data. dan pada atribut yang melekat pada masing-masing himpunan entitas dan relasi akan dinyatakan sebagai field dari tabel yang sesuai.

setiap himpunan entitas akan diimplementasikan sebagai sebuah tabel (file data)

Implementasi Himpunan Entitas Lemah dan Sub Entitas
merupakan penggunaan himpunan entitas lemah dan sub entitas dalam diagram ER diimplementasikan dalam bentuk tabel sebagaimana himpunan entitas kuat. bedanya , jika himpunan entitas kuat sudah dapat langsung menjadi sebuah tabel utuh/sempurna walaupun tanpa melihat relasinya dengan himpunan entitas lain. maka himpunan entitas lemah hanya dapat ditransformasikan menjadi sebuah tabel dengan menyertakan pula atribut key dari hasil implementasi himpunan entitas lemah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar